TorajaInfoDotCom
SHARE :

15 Hasil Swab Warga Tana Toraja Negatif Covid-19

30
04/2020
Kategori : Kesehatan

Author : Ivan


15 Hasil Swab Warga Tana Toraja Negatif Covid-19

torajainfo.com – 15 sampel sampel lendir tenggorokan dan hidung warga Tana Toraja yang dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan untuk dilakukan pemeriksaan Real time Polymerase Chain Reaction (PCR) Swab, sudah diterima hasilnya oleh RSUD Lakipadada Tana Toraja, Kamis, 30 April 2020.

Dari 15 sampel yang diperiksa, semuanya negatif Covid-19 atau tidak terpapar virus Corona.

Ke-15 sampel itu terdiri dari 11 sampel Orang Tanpa Gejala (OTG) yang diduga kuat telah melakukan kontak langsung dengan pasien positif 03 asal Kelurahan Bombongan Makale. Berikut 2 sampel petugas kesehatan dari Puskesmas Buntu Kecamatan Gandangbatu Sillanan, yang positif rapid test. Sedangkan 1 sampel lainnya adalah  karyawan salah satu Bank di Makale, yang juga positif rapid test.

Koordinator Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja, Berthy Mangontan, mengatakan pasca hasil PCR Swab terhadap pasien 03 dari Bombongan, Makale, dinyatakan positif, pihak Satgas langsung mengambil sampel orang-orang yang diduga kuat pernah kontak langsung dengan pasien tersebut.

“Ada 11 orang yang diduga pernah kontak dengan pasien 03. Kemudian sampel lainnya adalah tenaga kesehatan dan karyawan Bank di Makale. Dua tenaga kesehatan dan pegawai Bank ini sebelumnya hasil rapid test mereka reaktif (positif). Tetapi setelah uji PCR Swab, semua (15 sampel) negatif Covid-19,” terang Berthy, Kamis, 30 April 2020.

Dia mengatakan, hasil PCR Swab terhadap 15 sampel itu diterima RSUD Lakipadada dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, pada Rabu, 29 April 2020.

Berthy menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, saling menguatkan, tidak memberi stigma negatif terhadap orang dengan hasil rapid tes positif maupun konfirmasi positif. Juga tetap menjaga pola hidup sehat dan bersih, rajin cuci tangan, menjaga daya tahan tubuh dan bila harus keluar rumah maka selalu memakai masker serta menjaga jarak minimal 2 meter.

“Sangat diperlukan ketaatan terhadap himbauan pemerintah serta tidak mudah percaya pada berita tidak benar (hoax),” tegas Kadis Kominfo Kabupaten Tana Toraja ini

Please follow and like us:

Berita Lainnya



Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial