TorajaInfoDotCom
SHARE :

Suka Duka Tim Analis Laboratorium Medik Satgas Covid -19 Tana Toraja “Tugas Mulia Mereka Layak di Apresiasi”

1
07/2020
Kategori : Kesehatan / Tak Berkategori
Komentar : 0 komentar
Author : Ivan


Suka Duka Tim Analis Laboratorium Medik Satgas Covid -19 Tana Toraja "Tugas Mulia Mereka Layak di Apresiasi"

torayainfo.com – Perjuangan tim Analis laboratorium medik penanganan Covid – 19 Kabupaten Tana Toraja patut di apresiasi. 

Tim analis laboratorium medik selama ini yang melakukan upaya deteksi dini yang dikenal dengan Rapid Tes.Tidak ada kata lelah di benak mereka,selalu siap sedia terjun ke lokasi yang terindikasi terjadinya penyebaran virus corona. 

Sebut saja Pasien 01 sampai dengan pasien 10. Semuanya ditangani langsung oleh ke 7 (tujuh) orang analis laboratorium medik Satgas Covid – 19 Tana Toraja. 

Dalam menjalankan tugas mulia ini mereka selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, mereka secara bergantian melayani warga Tana Toraja untuk memastikan terkonfirmasinya pasien Covid – 19, melalui Tes TCM yang saat ini telah ada di RSUD LAKIPADADA. 

Ke Tujuh Tim Analis ini antara lain :
1. Herwati Kongle, S.ST (Puskesmas Kondoran)
2. Margareta Sampetora, A.Md. Ak (Puskesmas Makale Utara)
3. Yanti Timbang, AMAK (Puskesmas Kondoran)
4. Melita Hilda Indri, S. Tr. A.k (Puskesmas Makale)
5. Zulkhairah. Amd, Ak (Puskesmas Batusura). 
6. Solikhatul Khasanah, A.md.Ak (Puskesmas Sandabilik) dan ;
7. Murni Batara, S. Tr. Ak (Puskesmas Kurra). 

Selama bertugas kurang lebih 3 bulan ini, mereka harus rela berpisah sementara dengan keluarga mereka, dan tinggal di RS. Sayang Ibu. 
Tak jarang saat malam hari, mereka harus segera melakukan tes rapid , ketika ada aduan/laporan warga kalau ada yang memiliki gejala yg mirip Covid-19.

“Kami langsung terjun ke lokasi, dengan pengawalan pihak Polres, dan Satpol PP,  mengenakan APD lengkap.” Gerah,panas, hingga berkeringat karena pakaian hazmat yang kami kenakan untuk melindungi diri kami,sesuai protokol  kesehatan penanganan Covid – 19. terang Yanti Timbang. 
Semua ini kami lakukan, demi memutus mata rantai penyebaran virus corona di Tana Toraja yang awalnya mewabah di Wuhan, Tiongkok . Ini sebuah langkah preventif untuk memastikan dan medeteksi tingkat penyebarannya. Dan kami bersyukur kepada TUHAN memberikan berkat kesehatan selama tugas kami jalankan. 
“Ucapan terima kasih kami kepada teman teman satgas lainnya di Posko Kesiapsiagaan Penanggulangan Penyebaran Covid – 19, karena memperlakukan kami bak saudara sendiri.” ungkap Yanti Timbang.

Canda dan tawa yang terlontar sesama personil satgas lainnya , sangat membantu menghindarkan kami dari stres.ujar Solikhatul Khasanah sambil tersenyum.

“Mereka bekerja dengan penuh tanggung jawab  hati yang tulus , mereka adalah Garda terdepan dalam penanganan wabah pandemi ini. Sudah selayaknya kita semua memberikan apresiasi terhadap tugas mulia yang mereka jalankan.” kata salah seorang relawan Satgas Covid -19 yang enggan disebut namanya.

Dia melanjutkan.”Semoga TUHAN SANG PEMILIK KEHIDUPAN, memberikan kekuatan, kesehatan kepada mereka, dan wabah ini bisa berlalu dan kembali normal seperti sediakala.”

Sementara itu tim Analis laboratorium medik satgas Covid -19, menitip pesan sehat bagi warga Tana Toraja,tetap menjaga pola hidup sehat, dengan sering mencuci tangan, pakai masker jika keluar rumah, dan menghindari kerumunan. Agar penyebaran Virus ini, dapat segera dihentikan.(*)

Please follow and like us:

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial