Patung Yesus Memberkati Buntu Burake

Patung Yesus Kristus Memberkati atau Patung Yesus Buntu Burake adalah patung Yesus Kristus yang terletak di puncak Bukit Buntu Burake di Makale, Tana Toraja Sulawesi Selatan. Sayembara diadakan pada tahun 2013 untuk pengerjaan patung ini dan terbuka untuk umum. Setelah diperoleh pemenangnya, pada tahun 2014 landasan patung mulai dibangun dan pada tahun 2015 patung selesai dibangun.

Patung Yesus ini dikatakan merupakan patung Yesus yang tertinggi di dunia karena berada di atas bukit setinggi 1.700 meter di atas permukaan laut. Patung Yesus sendiri memiliki tinggi badan sekitar 45 meter yang terbuat dari coran perunggu. Patung ini dirancang oleh seniman asal Yogyakarta bernama Supriadi, dibantu oleh Hardo Wardoyo Suwarto, dan dibuat atas inisiasi Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasim Limpo ajukan pariwisata Tana Toraja.

Patung Yesus Kristus Memberkati diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dengan penandatanganan prasasti peresmian pada tanggal 23 Desember 2018 di sela-sela Perayaan Natal Oikumene Tana Toraja. (https://en.wikipedia.org/wiki/Jesus_Buntu_Burake)