Gumuk Pasir Sumalu

Gumuk Pasir Semalu adalah objek wisata berupa gundukan pasir yang terletak di Rantebua Sumalu, Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Tempat wisata ini ditemukan dan dikenal mulai tahun 2016 dan kian ramai dikunjungi oleh masyarakat. Lokasi ini menyajikan pemandangan yang sangat eksotis. Timbunan pasir berwarna hitam membentuk perbukitan dengan alur-alur yang tidak simetris dan tidak beraturan.

Alur tersebut terbentuk akibat proses alam, yaitu tiupan angin dan aliran air hujan. Bentuk abstrak inilah yang menjadi keunikan utamanya!

Udara di wilayah Bukit Pasir Sumalu juga sangat sejuk, mirip-mirip udara di pegunungan yang segar dan bisa menjadi pengurai penat saat kita berlibur.

Disini, kita bisa melihat matahari terbit maupun tenggelam yang menampilkan pesonanya yang begitu indah. Tapi tentu saja, untuk dapat menikmati fenomena ini kita harus bangun pagi-pagi. Agar tetap nyaman, jangan lupa memakai pakaian tebal atau jaket karena udara subuh ditempat ini lumayan dingin.(https://rimbakita.com/gumuk-pasir-sumalu/ )