Kawasan Megalit Kalimbuang Bori'

Bori Kalimbuang terletak di Desa Sesean, Toraja Utara. Di sini Anda akan menikmati koleksi menhir yang berdiri rapi dan menawan untuk dilihat. Meskipun jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat ibukota Toraja Utara, tempat ini agak tidak terlalu ramai untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Situs ini terletak sekitar 5 km dari kota Rantepao, dan terletak di Jl. Bori, Kecamatan Sesean di Toraja Utara. Untuk menuju situs megalit ini, jalan yang bisa ditempuh cukup banyak, dengan medan yang tidak terlalu bagus, namun setelah sampai di lokasi tersebut Anda baru akan terpesona. Tempat ini merupakan salah satu peninggalan budaya yang harus dijaga dengan baik.

Bori Kalimbuang adalah tempat Menhir kuno. Ada sekitar 102 menhir perusahaan-perusahaan yang berdiri megah itu. Semua ukuran komposisi dan penempatan yang berbeda ini terlihat sangat indah dan indah. Ada 24 batu dalam ukuran besar, 24 ukuran sedang dan 54 lainnya berukuran kecil.

Setiap menhir di tempat ini memiliki nilai yang sama meskipun memiliki ukuran yang berbeda. Perbedaan dari masing-masing menhir terjadi karena keadaan pada saat pembuatan atau pengambilan batu bangunan. Keberadaan proseso Megalit atau batu Simbuang ini hanya diadakan ketika ada tokoh masyarakat yang meninggal dan upacara diadakan di tingkat Rapasan Sapurandanan (kerbau yang disembelih untuk setidaknya 24 jantan).

Situs megalit ini merupakan salah satu dari sembilan situs yang telah diklasifikasikan sebagai objek wisata warisan budaya dunia UNESCO di Toraja Utara. Pembangunan Tongkonan Rante Kalimbuang dilakukan oleh lima komponen utama: Tongkonan Tokeran Gandang, Tongkonan Lumika, Tongkonan Lolok Batu, Tongkonan Ne' Lame dan Tongkonan dari kayu. (https://www.indonesia-tourism.com/south-sulawesi/bori.html)